Pembuatan Permainan Lompat Karung Berbasis iOS Menggunakan GameSalad

Laila Adhanisa* -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Rinta Kridalukmana -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kurniawan Teguh Martono -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2016 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer
Game edukasi merupakan suatu bentuk permainan yang berperan dalam membantu mendidik anak. Permainan dan bermain sangat identik dengan dunia anak- anak. Melalui permainan, anak-anak dapat mempelajari/mengenal banyak hal. Perancangan game edukasi ini bertujuan untuk membuat karakter yang mewakili dunia anak, membantu anak dalam belajar, dan membuat proses belajar anak lebih menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu dikembangkanlah permainan Lompat Karung sebagai media pembelajaran anak tersebut melalui permainan perangkat bergerak berbasis iOS. Permainan Lompat Karung tersebut dibangun menggunakan GameSalad. Metode pengembangan mutimedia yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu: konsep,desain,pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi/evaluasi. Untuk metode pengujian aplikasi menggunakan metode Black Box Test. Hasil dari penelitian ini berupa suatu aplikasi permainan dengan nama Lompat Karung yang dapat berjalan dengan baik pada perangkat bergerak berbasis iOS. Permainan tersebut dapat menjadi media pembelajaran pada anak SD dalam melatih kemampuan berhitung dengan cara yang menyenangkan.
Keywords
Game edukasi; lompat karung; MDLC perangkat bergerak; iOS; GameSalad

How to cite:

Full Text:

Article Metrics:

Article Info
Published: 2016-04-23
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 186 127