Pengembangan Simulasi Peternakan Sapi Perah dengan Game Maker Berbasis Windows

Prima Widyaningrum -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
R. Rizal Isnanto -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kurniawan Teguh Martono -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2013 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer

Kebutuhan akan susu sapi segar yang berasal dari sapi perah semakin tinggi. Sedangkan kebutuhan biaya, pengetahuan dan lingkungan untuk mengembangkan sebuah peternakan sapi perah tidaklah murah, sehingga sulit bagi pelajar dan masyarakat pada umumnya untuk dapat mempelajari teknis peternakan sapi perah secara langsung. Salah satu pemanfaatan teknologi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pembuatan permainan simulasi peternakan sapi perah.

Permainan simulasi dengan tema peternakan sapi perah dibuat dengan menggunakan Game Maker IDE. Tahap perancangan dimulai dengan merancang storyline, skenario, dan antarmuka. Tahap implementasi dilakukan dengan membangun permainan sesuai dengan rancangan. Tahap pengujian dilakukan dengan metode black-box, serta pengujian kepada 30 responden secara acak pada umur 12-22 tahun.

Hasil pengujian menunjukkan terealisasinya aplikasi permainan simulasi peternakan sapi perah yang dengan fungsi-fungsi yang sesuai dengan fungsionalitasnya. Berdasarkan hasil penilaian kuesioner, permainan dinilai menarik untuk dimainkan, tampilan antarmuka yang menarik, mudah dioperasikan dan dapat menambah pengetahuan bagi pengguna. Hal ini terlihat pada semua aspek penilaian, yang mendapatkan persentase lebih dari 90%. Permainan ini telah memenuhi tujuan awal penelitian.

Keywords
Permainan; Game Maker; Peternakan Sapi Perah

How to cite:

Full Text:

Article Metrics:

Article Info
Published: 2013-10-30
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 146 150