skip to main content

Pembuatan Aplikasi Permainan Pengenalan Provinsi di Indonesia Melalui Game “Adventure Indonesia” Berbasis Android

Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 23 Apr 2016.
Open Access Copyright (c) 2016 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer under http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/about/editorialPolicies#custom-2.

Citation Format:
Abstract
Indonesia adalah Negara yang luas dan kaya akan keanekaragaman aspek keruangan. Secara administratif menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2012 Indonesia tentang pembentukan provinsi Kalimantan Utara yang menjadikan Indonesia terdiri dari 34 Provinsi. Hal ini berdampak terhadap aspek kehidupan terutama pada aspek pendidikan. Pada tingkat sekolah dasar siswa telah diajarkan untuk mengenal wilayah Indonesia. untuk mempermudah siswa sekolah dasar dalam memahami dan mengenal provinsi dibutuhkan suatu aplikasi edukasi yang dapat mengenalkan karakteristik dan nama ibukota dari provinsi di Indonesia oleh karena itu muncul sebuah ide untuk merancang dan membangun aplikasi permainan “Adventure Indonesia” ini diharapkan menjadi sarana permainan tentang pengenalan provinsi di Indonesia. Aplikasi permainan 'Adventure Indonesia' dibuat menggunakan perangkat lunak Unity versi 5. Pengembangan multimedia yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahap, yaitu tahap konsep (Concept), tahap perancangan (Design), tahap pengumpulan materi (Material Collecting), tahap pembuatan (Assembly), tahap pengujian (testing), dan tahap distribusi (Distribution). Pengujian black-box juga digunakan pada aplikasi ini. Hasil dari penelitian adalah berupa aplikasi permainan “Adventure Indonesia” yang dapat berjalan pada perangkat berbasis android. Aplikasi ini berisi pengenalan karakteristik dan ibukota dari provinsi di Indonesia. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan metode black-box, seluruh fungsi yang ada dalam aplikasi permainan telah berhasil dan berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Keywords: Android; unity; Adventure Indonesia; Permainan; MDLC

Article Metrics:

Last update:

  1. “Black Journey” - The mobile apps development of physics educational game

    Dewi Muliyati, Lismu D. Septyaningrum, Handjoko Permana. PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON FRONTIERS OF SCIENCE AND TECHNOLOGY 2021, 2597 , 2022. doi: 10.1063/5.0102469

Last update: 2024-04-17 17:14:47

No citation recorded.