skip to main content

Pengembangan Teknologi Informasi Mobile Learning Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Berbasis Android

Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 31 Oct 2014.
Open Access Copyright (c) 2014 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Perkembangan teknologi mobile seluler sudah sedemikian cepat dan dapat dirasakan di seluruh dunia dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan ini dapat pula dilakukan dalam dunia pendidikan dan memungkinkan terobosan baru dalam belajar secara mobile menggunakan perangkat teknologi informasi (handphone) atau disebut mobile learning (m-learning). M-learning memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah independensi dalam pembelajaran. Namun, di sisi lain, perangkat pembelajaran m-learning memiliki keterbatasan sumber daya dan keragaman platform sehingga diperlukan rancangan yang mampu menjamin kompatibilitas. Aplikasi Mobile Learning ini dikembangkan menggunakan Java EE untuk menangani servernya dan untuk sisi klien menggunakan Bootstrap mobile. Basis data yang digunakan adalah MySQL. Aplikasi ini akan mempunyai 3 role pengguna yaitu admin yang akan menangani penambahan user dan pengelolaan mata kuliah, dosen yang akan memberikan materi, tugas dan kuis dan mahasiswa yang dapat melihat materi, tugas dan kuis yang diberikan dosen. Mobile Learning ini dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam melakukan interaksi dalam berbagi materi, dalam pemberian tugas dan mengerjakan kuis. Mahasiswa maupun dosen tidak lagi harus bertatap muka, yang diperlukan hanyalah koneksi internet untuk melakukan proses belajar mengajar. Selain itu Mobile Learning ini juga dapat berjalan dengan baik saat diuji pada 3 buah versi android yang berbeda yaitu versi 2.3, versi 4.0 dan versi 4.2.
Keywords: MySQL; Mobile Learning; Java EE; Bootstrap; Android

Article Metrics:

Last update:

  1. Mobile-based learning in science trends: a systematic review (2015–2023)

    Asri Widowati, Rizki Arumning Tyas. Cogent Education, 11 (1), 2024. doi: 10.1080/2331186X.2024.2303563

Last update: 2024-11-22 05:15:11

No citation recorded.