Perancangan Perangkat Lunak untuk Analisis Tingkat Fokus pada Citra Mikroskop Digital Menggunakan Proses Ekstraksi Ciri

Damar Wicaksono* -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
R. Rizal Isnanto -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Oky Dwi Nurhayati -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2014 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer

Mikroskop Digital merupakan salah satu pengembangan dari mikroskop cahaya yang memungkinkan gambar untuk ditampilkan pada layar monitor komputer. Mikroskop Digital terkini memungkinkan proses pengamatan preparat dilakukan dengan lebih detail. Pengamatan dapat dilakukan secara tidak langsung menggunakan bantuan aktuator mikroskopik untuk mendapatkan susunan elemen-elemen citra dasar yang nantinya akan digabungkan menjadi sebuah citra tunggal dengan resolusi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat lunak pada mikrostepper. Perangkat lunak ini bertujuan untuk menentukan citra yang paling fokus dari beberapa dataset citra masukan.

Perangkat lunak yang dibuat untuk menentukan fokus citra digital yakni menggunakan Delphi. Tahap perancangan berisi tentang prosedur pengembangan program yang terdiri dari pengumpulan sampel data citra mikroskop digital, pengubahan citra menjadi aras keabuan, ekstraksi fitur citra hingga didapatkan nilai cost function tertinggi.  Algoritma ekstraksi ciri  yang digunakan dalam pencarian nilai cost function (C) citra digital mikroskopik antara lain  Teknik Penurunan Laplacian, Teknik Statistikal Variansi Ternormalisasi, Teknik Histogram Entropi.Tahap implementasi pengambilan sampel citra digital, pengubahan citra menjadi aras keabuan, konvolusi citra digital dan kuantisasi nilai fokus citra.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa dataset citra masukan dapat diproses dengan benar melalui proses pengubahan citra masukan menjadi aras keabuan, tahapan konvolusi dan nilai cost function mampu didapatkan sesuai dengan teknik pencarian menggunakan ekstraksi fitur. Citra terpilih dapat ditentukan setelah mengetahui perbandingan masing-masing nilai cost function pada citra masukan. Perangkat lunak dapat berjalan baik pada sistem operasi Windows 7. Pada bagian antarmuka, tombol-tombol dan prosedur program telah berfungsi sesuai dengan fungsionalitasnya masing-masing.

Keywords
Ekstaksi Ciri; Bahasa Pemrograman Delphi; Aras Keabuan; Laplacian; Cost Function

How to cite:

Full Text:

Article Metrics:

Article Info
Published: 2014-01-03
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 1180 788