Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Rawat Inap Rumah Sakit Berbasis Web

Nunik Srikandi Putri* -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Adian Fatchur Rochim -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ike Pertiwi Windasari -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2013 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer

Instalasi rekam medis merupakan tahapan proses pencatatan data pasien, pendaftaran pasien yang datang untuk kunjungan yang baru pertama kali atau berikutnya ke sebuah rumah sakit untuk mendapatkan nomor rekam medis ( medical record ). Pasien datang dengan mendaftarkan diri ke bagian pendaftaran namun pasien yang datang tidak semua dalam keadaan sadar. Proses pencarian data pasien kadang memakan waktu yang relatif tidak sedikit akibat kartu member yang hilang menyebabkan pasien yang sama bisa mendapatkan nomor rekam medis yang lebih dari satu. Kejadian ini kerap terjadi apabila sistem yang berjalan di rumah sakit yang belum terkomputerisasi.

Dilatarbelakangi hal tersebut penulis mencoba menyusun Tugas Akhir Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Rawat Inap Berbasis Web. Perancangan aplikasi ini menggunakan UML, dengan database engine Mysql dan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi ini juga didukung oleh javascript , jquery dan AJAX untuk membuat antarmuka menjadi lebih cepat terutama dalam penampilan data dan pencarian secara live search.

Pengujian aplikasi ini dengan metode blackbox. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memperoleh pelayanan yaitu berupa data rekam medis dari seluruh pasien pada bagian rawat inap di rumah sakit tersebut yang dapat diakses dengan mudah. Hasil pengujian aplikasi ini meningkatkan pengelolaan data rekam medis menjadi lebih mudah dan efisien dilakukan, aman karena data tersimpan dalam basis data, tidak cepat rusak, mempermudah dalam pencarian data, serta lebih terstruktur dibandingkan dengan pengelolaan secara manual.

Keywords
Rekam Medis; PHP; MySql; sistem informasi
Full Text:

How to cite:

Article Metrics:

Article Info
Submitted: 2013-01-05
Published: 2013-02-27
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 4442 1559