skip to main content

Perancangan Aplikasi Ujian Online Jurusan Sistem Komputer Universitas Diponegoro

Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Oct 2013.
Open Access Copyright (c) 2013 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

E-service adalah istilah untuk suatu layanan elektronik yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempermudah penggunanya untuk melakukan suatu aktifitas tertentu. Salah satu manfaat dari e-service adalah akses yang lebih luas. Salah satu aplikasi dari e-service adalah aplikasi ujian online. Aplikasi ujian online adalah aplikasi yang bertujuan mempermudah melakukan ujian, yaitu  secara online. Aplikasi ujian online difokuskan  untuk ujian penerimaan mahasiswa baru pada Jurusan Sistem Komputer karena Jurusan Sistem Komputer tersebut berkaitan erat dengan teknologi informasi sehingga sewajarnya jika penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan secara online.

Dengan menggunakan sebuah sistem basis data, ujian online ini diharapkan mempermudah sistem ujian dalam menampilkan soal-soal maupun penilaian sehingga mempermudah user untuk menggunakannya serta bagi administrator untuk mengelola soal. Dalam e-service yang dibuat kali ini adalah menggunakan PHP sebagai program aplikasi dan MySQL sebagai server basis data yang sudah terangkum dalam satu aplikasi XAMPP.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan menambah minat masyarakat terhadap Jurusan Sistem Komputer Universitas Diponegoro, dan juga mempermudah pengguna untuk melakukan ujian secara online dan tidak perlu menggunakan alat tulis untuk melakukan pengerjaan.

 

Keywords: Aplikasi Ujian Online; E-service; Jurusan Sistem Komputer; PHP; MySQL

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 17:58:33

No citation recorded.