skip to main content

Sistem Informasi Demografi Penduduk Kota Semarang Berbasis Framework Code Igniter

Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Oct 2013.
Open Access Copyright (c) 2013 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Data kependudukan ialah salah satu data yang rumit dalam pengolahannya, karena meliputi data cukup banyak yaitu data matapencaharian, data kepadatan penduduk, data jenis kelamin penduduk, data jumlah keluarga,data pendidikan penduduk dan sebagainya yang meliputi sebagai data monografi. Sering kali terjadi kesulitan dalam pencatatan dan pengolahan data tersebut. Bahkan terkadang data penduduk tersebut tidak tersimpan dan diolah dengan baik sehingga setiap membutuhkan data tersebut sering dilakukannya pendataan ulang yang tentu itu akan membuat pemborosan dalam segi waktu,tenaga dan biaya.
Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknologi informasi yang dapat membantu dalam pengolahan data tersebut. Sistem informasi dengan berbasis web ialah salah satu aplikasi yang cocok untuk membantu masalah ini, karena dengan berbasis web pengolahan data dapat di lakukan dimana saja tanpa harus melakukan pemasangan aplikasi tersebut. Tetapi karena berbasis web ini pula, perlu adanya perhatihan khusus dalam pengembangannya yaitu pada bagian keamanan aplikasi tersebut. Sehingga dalam pengembangan aplikasi ini digunakan framework codeigniter yang dikenal cukup baik dalam penanggan keamanannya serta memiliki libraries yang cukup lengkap dan performance yang handal.
Sistem informasi kependudukan republik indonesia ialah sistem informasi yang dikembangkan dengan mengunakan framework codeigniter dan database mysql. dengan begitu Sistem informasi diharapkan dapat membantu pengolahaan data kependudukan sehingga data-data tersebut menjadi optimal dan terstruktur dengan baik.

Keywords: Aplikasi; Teknologi Informasi; Sistem Informasi; Framework; Codeiniter; PHP; Mysql

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-27 07:37:48

No citation recorded.