skip to main content

Aplikasi Identifikasi Citra Telur Ayam Omega-3 Dengan Metode Segmentasi Region Of Interest Berbasis Android

Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 23 Apr 2016.
Open Access Copyright (c) 2016 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer under http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/about/editorialPolicies#custom-2.

Citation Format:
Abstract
Telur ayam merupakan sumber protein hewani kedua setelah ikan. Harga telur yang terjangkau dan bernilai gizi tinggi menjadikan telur salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Namun sekarang telah muncul telur hasil rekayasa yang memiliki nilai gizi yang lebih tinggi, yaitu telur yang mengandung omega-3. Bagian yang membedakan telur biasa dengan telur omega-3 adalah kuning telur omega-3 agak kemerahan sementara kuning telur biasa berwarna kuning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat mengidentifikasi secara visual jenis telur biasa atau telur omega-3. Pendeteksian jenis telur dilakukan dengan menggunakan pencocokan tekstur cangkang telur berdasarkan data penelitian. Penelitian menghasilkan luaran metode atau algoritma untuk untuk identifikasi citra digital dengan metode pra-pengolahan, segmentasi region of interest, serta analisis tekstur citra menggunakan metode statistik orde pertama nilai mean dan standard deviasi. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa aplikasi Deteksi Citra Telur Omega-3 dapat membedakan citra telur ayam biasa atau citra telur ayam omega-3.
Keywords: telur ayam omega-3; region of interest; mean; standar deviasi; Android; OpenCV

Article Metrics:

Last update:

  1. Shrimps clusterization by size using digital image processing with CCA and DBSCAN

    Adri Priadana, Aris Wahyu Murdiyanto. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 8 (2), 2020. doi: 10.14710/jtsiskom.8.2.2020.106-112

Last update: 2024-03-26 23:39:55

No citation recorded.