Perancangan Aplikasi Toko Online "XO-Licious" Berbasis Mobile Web pada Sistem Operasi Android

Alifvia Arviningrum* -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kodrat Iman Satoto -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Rinta Kridalukmana -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2013 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer

XO-Licious merupakan sebuah toko online  yang  bergerak dalam bidang penjualan original CD, official  maupun unofficial goods para penyanyi di Asia. Sasaran penjualan dari toko online ini adalah kalangan muda. Agar tidak kalah bersaing dengan banyaknya toko online yang sekarang ada, maka XO-Licious membutuhkan suatu terobosan yang dapat mempermudah pembeli untuk melakukan transaksi maupun hanya untuk mendapatkan update terbaru.

Mobile commerce atau seringkali disebut dengan m-commerce adalah pengembangan  sistem perdagangan elektronik (e-commerce) dengan menggunakan peralatan portabel/mobile seperti telepon genggam, Smart Phone, PDA, atau Notebook.  Aplikasi mobile commerce yang dibangun adalah aplikasi mobile yang dapat berjalan pada sistem operasi android. Karena saat ini android telah menguasai pasar smartphone dan merupakan sistem operasi open source yang mudah untuk dikembangkan. Framework yang digunakan dalam pembuatan m-commerce ini adalah jQuery Mobile dan PhoneGap. Framework – framework tersebut tersebut dipilih karena memiliki banyak fitur yang menarik seperti, tampilan jQuery mobile dapat menyesuaikan layar dari perangkat bergerak. Sedangkan PhoneGap merupakan sebuah framework opensource yang digunakan untuk membuat aplikasi cross-platform mobile hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML , JavaScript dan CSS

Mobile commerce yang berbasis mobile web akan sangat cocok untuk XO-Liciou. Aplikasi mobile commerce ini dapat mempermudah pelanggan/pembeli untuk memesan barang dari XO-Licious dimanapun dan kapanpun melalui smartphone atau  tablet yang telah menjadi gaya hidup remaja saat ini.

Keywords
Mobile commerce; PhoneGap; jQuery mobile

How to cite:

Full Text:

Article Metrics:

Article Info
Published: 2013-10-30
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 338 1461