Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer

Muhammad Rozi Yerusalem* -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Adian Fatchur Rochim -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kurniawan Teguh Martono -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2015 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer
Teknologi informasi saat ini digunakan pada berbagai bidang seperti pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan biasanya disebut dengan e-learning atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan media yang memungkinkan peserta didik/mahasiswa dan pengajar/dosen dapat melakukan aktivitas pembelajaran tanpa harus bertatap muka. Universitas Diponegoro memiliki sistem otentikasi terpusat berbasis Lightweight Directory Access Protocol. Sistem otentikasi ini menggunakan username dan password yang terdapat dalam server LDAP. Universitas Diponegoro memiliki sistem informasi akademik yang beralamat di http://sia.undip.ac.id. Sistem informasi akademik ini digunakan mahasiswa untuk pengisian kartu rencana studi setiap semester. Berdasarkan latar belakang tersebut dibangun sebuah sistem pembelajaran jarak jauh yang menggunakan otentikasi login single sign on berbasis LDAP dan terintegrasi dengan sistem informasi akademik. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi studi literatur dan bimbingan, pengambilan data dan analisis, menggunakan metode pengembangan prototyping. Sistem dibuat menggunakan LMS Moodle, ownCloud, dan CAS Server serta LDAP Server Universitas Diponegoro. Penelitian ini telah dihasilkan sebuah purwarupa sistem pembelajaran jarak jauh berbasis LMS Moodle dan ownCloud yang memiliki otentikasi Single Sign On berbasis CAS Server dan LDAP Server. Moodle telah dikembangkan sehingga dapat melakukan enroll mahasiswa kedalam course sesuai dengan mata kuliah pada kartu rencana studi.
Keywords
Pembelajaran Jarak Jauh;LMS;Moodle;ownCloud;Single Sign On;LDAP

How to cite:

Full Text:

Article Metrics:

Article Info
Published: 2015-10-20
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 309 355