Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{JTSISKOM4757, author = {Dwiana Okviandini and Oky Dwi Nurhayati and Ike Pertiwi Windasari}, title = {Sistem Manajemen Keluhan Mitra Kerjasama Berbasis Framework Code Igniter dan SMS Gateway}, journal = {Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer}, volume = {2}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {Customer Relationship Management (CRM);Unified Process;Unified Modeling Languange (UML);Framework Codeigniter;SMS gateway}, abstract = { Pada Balai IPTEKnet Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terdapat sebuah prosedur untuk memanajemen keluhan mitra kerjasama. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan mitra kerjasama agar dapat menyampaikan keluhannya serta memudahkan staf Balai IPTEKnet dalam mengelola keluhan yang disampaikan oleh mitra kerjasama. Manajemen ini merupakan salah satu strategi CRM atau manajemen hubungan pelanggan yang ada di Balai IPTEKnet BPPT. Teknologi informasi memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Mengingat berkembangnya dunia teknologi informasi dewasa ini, maka upaya yang akan dilakukan peneliti agar memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan pegawai Balai IPTEKnet dalam menyampaikan keluhan dan mengefisienkan staf Balai IPTEKnet dalam memanajemen keluhan yaitu dengan membuat sebuah sistem manajemen keluhan mitra kerjasama berbasis web. Perancangan sistem dilakukan setelah data diperoleh dan analisa terhadap data yang didapat telah dilakukan. Sistem yang akan dibuat dirancang berdasarkan metode unified process dan menggunakan diagram UML (Unified Modeling Language). Dilakukan pengujian dengan menggunakan metode black box. }, issn = {2338-0403}, pages = {31--39} doi = {10.14710/jtsiskom.2.1.2014.31-39}, url = {https://jtsiskom.undip.ac.id/article/view/4757} }
Refworks Citation Data :
Pada Balai IPTEKnet Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terdapat sebuah prosedur untuk memanajemen keluhan mitra kerjasama. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan mitra kerjasama agar dapat menyampaikan keluhannya serta memudahkan staf Balai IPTEKnet dalam mengelola keluhan yang disampaikan oleh mitra kerjasama. Manajemen ini merupakan salah satu strategi CRM atau manajemen hubungan pelanggan yang ada di Balai IPTEKnet BPPT. Teknologi informasi memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Mengingat berkembangnya dunia teknologi informasi dewasa ini, maka upaya yang akan dilakukan peneliti agar memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan pegawai Balai IPTEKnet dalam menyampaikan keluhan dan mengefisienkan staf Balai IPTEKnet dalam memanajemen keluhan yaitu dengan membuat sebuah sistem manajemen keluhan mitra kerjasama berbasis web.Perancangan sistem dilakukan setelah data diperoleh dan analisa terhadap data yang didapat telah dilakukan. Sistem yang akan dibuat dirancang berdasarkan metode unified process dan menggunakan diagram UML (Unified Modeling Language). Dilakukan pengujian dengan menggunakan metode black box.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-04 13:12:45
Starting from 2021, the author(s) whose article is published in the JTSiskom journal attain the copyright for their article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. By submitting the manuscript to JTSiskom, the author(s) agree with this policy. No special document approval is required.
The author(s) guarantee that:
The author(s) retain all rights to the published work, such as (but not limited to) the following rights:
Suppose the article was prepared jointly by more than one author. Each author submitting the manuscript warrants that all co-authors have given their permission to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf and notify co-authors of the terms of this policy. JTSiskom will not be held responsible for anything arising because of the writer's internal dispute. JTSiskom will only communicate with correspondence authors.
Authors should also understand that their articles (and any additional files, including data sets and analysis/computation data) will become publicly available once published. The license of published articles (and additional data) will be governed by a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JTSiskom allows users to copy, distribute, display and perform work under license. Users need to attribute the author(s) and JTSiskom to distribute works in journals and other publication media. Unless otherwise stated, the author(s) is a public entity as soon as the article is published.