skip to main content

Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Web Studi Kasus di Program Studi Sistem Komputer Universitas Diponegoro

Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 3 Jan 2014.
Open Access Copyright (c) 2014 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Sistem informasi akademik berbasis mobile web merupakan sistem informasi yang menyediakan informasi akademik untuk tingkat mahasiswa yang dirancang khusus untuk perangkat bergerak, dengan sistem informasi akademik berbasis mobile web mahasiswa dapat memperoleh informasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik yang sedang ditempuh. Desain dari sistem informasi akademik berbasis mobile web dirancang khusus untuk perangkat bergerak yang bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam pengaksesan sistem informasi melalui pada perangkat bergerak.
Sistem informasi akademik berbasis mobile web pada dasarnya adalah refleksi dari sistem informasi akademik program studi sistem komputer, maka dari itu data yang digunakan diambil dari penelitian dan pengamatan dari sistem informasi akademik program studi sistem komputer. Perancangan interface pada tugas akhir ini menggunakan framework Jquery mobile dan untuk penyimpanan data menggunakan basis data MySQL sedangkan bahasa pemrograman di sisi server menggunakan PHP. Pengaksesan sistem informasi akademik berbasis mobile web pada tugas akhir ini menggunakan sebuah aplikasi yang berjalan pada sistem operasi android yang dibuat menggunakan phonegap.
Hasil dari perancangan ini adalah sebuah aplikasi sistem informasi akademik berbasis mobile web yang berguna untuk memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan informasi akademik melalui perangkat bergerak, dari hasil pengujian blackbox didapatkan hasil bahwa aplikasi sudah dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, seperti informasi KHS dan KRS, informasi jadwal, informasi matakuliah, informasi transkrip nilai. Pengujian juga menguji kompatibelitas dan user interface aplikasi, Pengujian kompatibelitas dan user interface diujikan pada sistem operasi android dari versi 2.2 sampai 4.2. Hasil dari pengujian user interface adalah user interface pada setiap sistem operasi android yang telah diuji tidak ada yang terpotong dan tampilan dapat menyesuaikan layar sedangkan pengujian kompatibelitas untuk android versi 4.0 sampai 4.2 aplikasi dapat terpasang dan fitur yang tersedia dapat berjalan dengan baik, sedangkan android dibawah versi 4.0 aplikasi dapat terpasang namun kopatibelitas kurang baik karna untuk fitur animasi tidak dapat berjalan.

Keywords: Sistem Informasi Akademik;Mobile Web;Android;jQuery Mobile

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-16 08:35:33

No citation recorded.