skip to main content

Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano

Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 3 Jan 2014.
Open Access Copyright (c) 2014 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Dalam bidang musik banyak cara yang dapat dijadikan jalan pembelajaran mengenai teori tentang musik. Cara yang paling mudah yaitu dengan belajar sekaligus bermain alat musik itu sendiri. Dalam hal ini terfokus pada teori musik keyboard atau piano. Dengan cara tersebut dapat dipastikan ilmu akan mudah diserap. Yang menjadi masalah disini yaitu bagaimana menjadikan metode pembelajaran itu menyenangkan dan tidak membosankan atau membingungkan. Dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis augmented reality yang dibuat dengan menggunakan Unity sebagai komponen yang utama dan dengan menggunakan 3DS Max sebagai software untuk menghasilkan gambar yang menarik. Proses perancangan dan pembuatan metode pembelajaran ini menggunakan prototyping. Dengan prototyping, desain menjadi cepat dibuat dan dapat dicoba. Semakin cepat dibuat dan semakin banyak percobaan yang dilakukan, dapat dengan cepat juga memperbaiki bug yang ada sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik. Hasil dari perancangan aplikasi ini adalah terealisasinya suatu aplikasi metode pembelajaran teori pada piano yang dapat mempermudah user belajar tentang chord piano. Dengan adanya aplikasi diharapkan user dapat belajar dengan lebih menyenangkan dengan cara yang mudah untuk mendapatkan ilmu tentang chord piano.

Fulltext View|Download
Keywords: Aplikasi pembelajaran;Augmented Reality;Unity;musik;chord;piano

Article Metrics:

Last update: 2021-07-23 15:42:09

  1. Augmented reality using Natural Feature Tracking (NFT) method for learning media ofmakharijul huruf

    IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 127 , 2020. doi: 10.1088/1757-899X/874/1/012019
  2. Design of Virtual Automotive Showroom with Augmented Reality Technology Using The Smartphone

    F Fahmi, M Alwy. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 127 , 2020. doi: 10.1088/1757-899X/1003/1/012149
  3. Augmented Reality, Virtual Reality, and Computer Graphics

    Mohammad Fadly Syahputra, Muhammad Iqbal Rizki Siregar, Romi Fadillah Rahmat. Lecture Notes in Computer Science, 127 , 2018. doi: 10.1007/978-3-319-95270-3_32

Last update: 2021-07-23 15:42:10

  1. Design of Virtual Automotive Showroom with Augmented Reality Technology Using The Smartphone

    F Fahmi, M Alwy. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 127 , 2020. doi: 10.1088/1757-899X/1003/1/012149
  2. Augmented reality using Natural Feature Tracking (NFT) method for learning media of makharijul huruf

    Ulfah S.. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 127 (1), 2020. doi: 10.1088/1757-899X/874/1/012019
  3. Realistic shadow augmented reality of rare animals from Indonesia

    Syahputra M.. Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformat, 127 (7), 2018. doi: 10.1007/978-3-319-95270-3_32
  4. The implementation of the depth-first search algorithm on learning computer assembly 3D simulations in vocational education

    Trinadi A.. Journal of Physics: Conference Series, 127 (7), 2019. doi: 10.1088/1742-6596/1402/7/077002