Perancangan Sistem Pencatatan Trafo Distribusi Berbasis Mobile Device di PT PLN Salatiga

Fira Nathania* -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kodrat Iman Satoto -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kurniawan Teguh Martono -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2014 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer

Salah satu bagian penting dari jaringan listrik PT PLN (Persero) adalah keberadaan tranformator distribusi atau biasa disebut dengan trafo distribusi. Transformator distribusi merupakan peralatan utama dari jaringan distribusi PLN. Trafo distribusi ini memiliki tujuan penggunaan khusus yaitu untuk menurunkan tegangan tinggi ke tegangan rendah, agar tegangan yang dipakai sesuai dengan rating peralatan listrik pelanggan atau beban pada umumnya. Kerusakan pada trafo distribusi dapat mengganggu kelancaran pelayanan listrik kepada konsumen. Gangguan yang menyebabkan kerugian tersebut seperti pemutusan aliran listrik atau pemadaman yang dapat menyebabkan biaya-biaya pembangkitan meningkat tergantung harga KWH yang tidak terjual. Penempatan lokasi trafo distribusi yang tidak sesuai dapat mempengaruhi drop tegangan ujung pada konsumen atau jatuhnya/turunnya tegangan ujung saluran konsumen.Untuk menunjang pemeliharaan trafo distribusi, maka dibutuhkan data yang lengkap dari spesifikasi trafo distribusi tersebut beserta lokasi trafo-trafo distribusi yang dapat dikelola melalui Pengembangan Sistem Pencatatan Trafo Distribusi Berbasis mobile device di PT PLN Salatiga.
Sistem pencatatan trafo distribusi terbagi menjadi tiga subsistem, yaitu aplikasi pencatatn trafo distribusi pada mobile device Android, sistem basis data, dan web trafodistribusipln.net63.net. Ketiga subsistem tersebut saling terintegrasi melalui pemrograman pertukaran data menggunakan PHP. Data-data yang dicatat melalui aplikasi pencatatan trafo distribusi pada mobile device Android antara lain : lintang, bujur, merek trafo, kapasitas trafo, lokasi trafo, tahun pembuatan trafo, deskripsi, dan petugas pencatatan trafo. Data-data tersebut akan disimpan di basis data MySQL, sehingga kemudian dapat diakses oleh pengguna baik melalui mobile device Android maupun melalui web trafodistribusipln.net63.net.
Pengujian dilakukan menggunakan metode black box testing. Hasil pengujian menunjukkan pertukaran data berjalan dengan baik dan komponen-komponen pada aplikasi dapat berfungsi sesuai fungsi yang diharapkan. Selain itu dilakukan pula pengujian terhadap keakuratan data lintang dan bujur dengan cara membandingkan data lintang dan bujur yang diambil melalui aplikasi pada mobile device Android dengan data lintang dan bujur yang didapatkan melalui GPS dengan merek ‘Garmin’. Selisih hasil pengukuran lintang dan bujur menunjukkan nilai yang sangat kecil sehingga hal ini menunjukkan bahwa penentuan lokasi trafo distribusi berdasarkan pengukuran lintang dan bujur pada aplikasi pencatatan trafo distribusi pada mobile device Android memiliki hasil yang cukup akurat.

Keywords
Aplikasi Pertukaran Data Android;Trafo Distribusi;PT PLN;PHP;MySQL;GPS

How to cite:

Full Text:

Article Metrics:

Article Info
Published: 2014-01-03
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 174 63