Analisis Usabilitas pada Permainan 'The Zoo' Berbasis Kinect

Feby Adhi Putra* -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kodrat Iman Satoto -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kurniawan Teguh Martono -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2013 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer

Interaksi manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kinect menghadirkan pengalaman interaksi baru dalam dunia permainan karena pemain menggunakan anggota tubuh dalam mengoperasikan permainan. Permainan ‘The Zoo’ adalah permainan edukasi berbasis Kinect yang memperkenalkan beberapa kosakata hewan dalam Bahasa Inggris.
Usabilitas suatu produk merupakan kunci agar produk tersebut selalu digunakan. Untuk memudahkan anak dalam menggunakan permainan ‘The Zoo’, digunakan perancangan antarmuka dengan metode ragam dialog manipulasi langsung.
Metode penelitian dilakukan dengan metode kuesioner yang kemudian dari hasil kuesioner tersebut diolah menggunakan skala Likert sehingga dapat disimpulkan antarmuka permainan ‘The Zoo’ telah sesuai dengan Teori Jakob Nielsen. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil pengujian usabilitas permainan ‘The Zoo’ yaitu aspek Learnability sebesar 78.7%, aspek Efficiency sebesar 77.3%, aspek Memorability sebesar 89.5%, aspek Errors sebesar 80.7% dan aspek Satisfaction sebesar 80%.

Keywords
Usabilitas, Interaksi Manusia dan Komputer, Permainan ‘The Zoo’, Antarmuka, Kinect I. PENDAHULUAN

How to cite:

Full Text:

Article Metrics:

Article Info
Published: 2013-10-30
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 159 89