skip to main content

Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Rawat Inap Rumah Sakit Berbasis Web

Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 5 Jan 2013; Published: 27 Feb 2013.
Open Access Copyright (c) 2013 Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Instalasi rekam medis merupakan tahapan proses pencatatan data pasien, pendaftaran pasien yang datang untuk kunjungan yang baru pertama kali atau berikutnya ke sebuah rumah sakit untuk mendapatkan nomor rekam medis ( medical record ). Pasien datang dengan mendaftarkan diri ke bagian pendaftaran namun pasien yang datang tidak semua dalam keadaan sadar. Proses pencarian data pasien kadang memakan waktu yang relatif tidak sedikit akibat kartu member yang hilang menyebabkan pasien yang sama bisa mendapatkan nomor rekam medis yang lebih dari satu. Kejadian ini kerap terjadi apabila sistem yang berjalan di rumah sakit yang belum terkomputerisasi.

Dilatarbelakangi hal tersebut penulis mencoba menyusun Tugas Akhir Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Rawat Inap Berbasis Web. Perancangan aplikasi ini menggunakan UML, dengan database engine Mysql dan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi ini juga didukung oleh javascript , jquery dan AJAX untuk membuat antarmuka menjadi lebih cepat terutama dalam penampilan data dan pencarian secara live search.

Pengujian aplikasi ini dengan metode blackbox. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memperoleh pelayanan yaitu berupa data rekam medis dari seluruh pasien pada bagian rawat inap di rumah sakit tersebut yang dapat diakses dengan mudah. Hasil pengujian aplikasi ini meningkatkan pengelolaan data rekam medis menjadi lebih mudah dan efisien dilakukan, aman karena data tersimpan dalam basis data, tidak cepat rusak, mempermudah dalam pencarian data, serta lebih terstruktur dibandingkan dengan pengelolaan secara manual.

Keywords: Rekam Medis; PHP; MySql; sistem informasi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-28 09:45:09

No citation recorded.