Buku Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Quraish Quraish* -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Rinta Kridalukmana -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kurniawan Teguh Martono -  Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access
Buku adalah media yang paling sederhana untuk memperoleh dan memberikan informasi, Augmented Reality dapat digunakan untuk menampilkan multimedia dengan cara menambahkannya pada dunia nyata, dengan penggabungan buku dalam hal ini bahasa inggris dan augmented reality maka multimedia dapat ditampilkan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif. Untuk membangun aplikasi dalam hal ini augmented reality dibutuhkan suatu metode, metode yang digunakan untuk membangun aplikasi augmented reality ini adalah SDLC (Software Defelopment Life Cycle) yang menggunakan teknik waterfall, hal ini dipilih karena waterfall lebih terurut dalam membangun aplikasi. Augmented Reality yang dibangun memiliki keberhasilan deteksi yang berbeda-beda, jarak yang dapat dipakai dalam mendeteksi penanda adalah mulai dari jarak 15cm sampai 60cm dan semakin besar tingkat kemiringan penanda terhadap kamera maka semakin sulit penanda terdeteksi, semakin besar persentase penanda terhalang maka semakin besar juga kemungkinan penanda sulit terdeteksi.
Keywords
Augmented Reality; Multimedia; Buku Bahasa Inggris; SDLC

How to cite:

Full Text:

Article Metrics:

Article Info
Published: 2016-01-23
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 324 217